Kamis, Desember 24, 2009

Muka Saya, Anda dan Kita (part 1)



Muka adalah bagian dari jendela kesehatian. Orang pertama kali akan melihat bagaimana muka apakah cerah, sedih, lusuh dan barang kali lagi kesal. Dari muka tercermin semua yang ada di dalam hati, setuju? Tulisan ini akan mengurai beberapa hal tentang muka, baik itu tentang muka saya, anda dan kita yang saling berinteraksi satu sama lainnya.
Pertama, muka bantal. Yap muka yang baru bangun dari tidur. Ketika kita kedatangan seseorang dan kita dibangunkan pada saat itu muka yang terlihat adalah muka bantal. Barangkali masih ada tahi mata yang menempel dan segala ornament yang masih lengket di muka. Sekali-kali coba bercermin seperti apakah muka bantal kita. Dan ekspresi anda adalah cerminan anda, Ketika anda tersenyum maka itu senyuman terbaik untuk diri dan memulai hari dan begitu juga saliknya
Kedua, muka badak. Ini lain lagi. Pernyataan ini sering kita sampaikan terhadap orang yang bergitu tidak mau tau malu dengan perbuatan yang tercela. Sering dikatakan muka badak. Ops tunggu dulu itu kan sisi negative, ada sisi positif tentang muka badak yakni udah tahan uji dan tahan banting. Muka badak diperlukan untuk menepis cemoohan orang lain akan cita-cita yang akan kita sampaikan. Muka badak memupuk daya tahan dan keberanian.
Ketiga, Muka melas. Aha ini yang membuat seorang ibu atau bapak luluh dalam mengikuti permintaan sang anak. Namun, muka ini bukan milik anak saja, barangkali saya dalam beberapa kesempatan pernah menggunakan muka melas ini. Atau barangkali juga anda memasang muka melas untuk hal tertentu. Ini baik dalam meluluskan keinginan dan permintaan. Tapi jangan keseringan dan menjadikan kebiasaan.
Keempat, ambil muka. Hal ini sering berkonotasi negative. Dan memang benar, ambil muka adalah sebuah kebiasaan mental yang tidak mempunyai karakter pemenang dan prestatif. Kelihatan baik di depan jurangan, bos dan juga barang kali di depan Allah. Ketika pada saatnya taat minta ampun, namun ketika telah dapat maka lupa sudah. Ibarat kacang ngak bawa kulitnya.
Kelima, muka berminyak, ini adalah dagangan produsen kosmetika yang menjual sabun pembersih muka. Perawatan berkala dengan produk XYZ dapat mengurangi minyak pada wajah anda. Dengan produk SDF minyak dimuka anda hilang dengan sekali bilas, eh cuci dengan komposisi baru produk kami
Keenam, muka jerawatan. Nah ini yang sering membuat remaja atau juga barangkali yang memuja muka bersih adalah momok yang menakutkan. Jerawat dalam ilmu herba adalah bentuk pembuangan lemak yang berlebih dan juga bentuk pengeluaran toksin yang menjadikan radang. Ibarat gunung berapi muka jerawatan lagi mengeluarkan larvanya.
Ketujuh, setor muka. Kesibukan yang padat dan juga aktivitas yang berdesakan antara agenda satu dengan agenda lainnya. Membuat kita sering Cuma setor muka. Hal ini sering terjadi di kemalangan tetangga yang mendapatkan musibah. Kita setor muka tanda berlasungkawa, atau barangkali kita setor muka kondangan teman. Atau barangkali setor muka untuk pulang kerumah dan terus keluyuran. Waduh ternyata kita hanya sering setor muka.

Tidak ada komentar: