Rabu, Desember 23, 2009

IMAM


Banyak sudah teori yang menjelaskan bagaimana menjadi pemimpin, menganalisa persoalan diluar (out work looking) dan juga menganalisa kompetensi dalam diri (inwork looking). Pelatihan-pelatihan bertema kepemimpinan kreatif, transformative, great, good dan tema-tema lainnya yang diselenggarakan oleh berbagai organisasi. Mulai dari pemerintahan, Lembaga Swadaya Masyarakat, Organisasi kepemudaan, organisasi kemahasiswaan intern dan ekstren. Pelatihan kepemimpinan ini menjadi wajib bagi setiap memasuki organisasi manapun atau mereka yang promosikan menjabat dalam berbagai level tertentu.

Tidak ada yang salah belajar tentang kepemimpinan yang merupakan perangkat intelektual dan wawasan, namun belajar kepemimpinan secara langsung adalah hal yang jarang dan segelintir orang yang mampu.

Islam sebagai agama yang utuh dan menjadikan ummat(bangsanya) yang memimpin karna adalah ummat terbaik mengajarkan cara belajar, belajar tentang, dan belajar menjadi pemimpin dengan memimpin ibadah solat fardhu lima kali sehari. Sebuah pembelajaran sepanjang waktu yang tidak didapat dalam berbagai pelatihan dan sekolah manapun. Long lif education to be leader.

Menjadi imam solat membuat orang bertanggungjawab atas pengikut. Mengarahkan untuk mencapai tujuan. Mengkoordinasikan elemen-elemen terkait dalam keserasian dan keterpaduan.

Tidak ada komentar: