Selasa, Desember 22, 2009

Cengkraman Ribawi

Di hari besar umat islam, karna di hari itu kita berkumpul untuk mendengarkan nasehat khatib untuk mendapatkan pengajaran dan pedomanan hidup. Rasulullah saw bersabda kepada Sa’ad r.a, “Wahai Sa’ad, perbaikilah (murnikanlah) makanan niscaya kamu menjadi orang yang terkabul doanya. Demi yang jiwa Muhammad dalam genggaman-Nya! Seorang hamba yang melontarkan sesuap makanan haram ke dalam perutnya maka tidak akan diterima amal kebaikannya selama 40 hari. Siapa pun yang dagingnya tumbuh dari yang haram maka api neraka lebih layak membakarnya” (HR ath-Thabrani).

PNPM Mandiri adalah sebuah program pemerintah dalam membantu masyarakat untuk membuat sesuatu yang bermanfaat. 300 juta di kucurkan untuk masing-masing kecamatan. sebahagian dijadikan kegiatan padat karya pembangunan diantanya instalasi air bersih. Sebahagian di jadikan simpan pinjam berbasis bunga.

Hampir sebahagian masyarakat kita mendapatkan bantuan dan pinjaman. Hampir di pastikan ibarat kesawah indak bagalimang jo luluak kanai kain lai ado juo. berjual beli dalam masyarakat membudaya jual saparak dengan ketidak jelasan ukuran dan juga banyaknya hal garar dan penipuan dalam jual beli. ketika kita berbicara tentang zakat apakah ada di laksankannya??? belum lagi masyarakat melakukan kredit sepeda motor untuk anak mereka? Ketika mereka berinfak, bersedekah amat rugilah karna sabda rasul “Sesungguhnya Allah tidak menerima sedekah dari hasil ghulul (korupsi, kolusi, manipulasi, dan hal-hal lain yang diharamkan)” (HR Ahmad)

Dampak negatif pada manusia bila menyimpang dari ayat-ayat Allah dan melepaskan kebenaran: 1) Setan selalu mengikutinya 2) Ia termasuk golongan orang-orang yang sesat, 3) sangat cendrung kepada keduniawian (hedonisme) 4) ia memperturutkan hawa nafsunya 5) Perumpamaannya seperti anjing. Jika dihalau si anjing menjulurkan lidahnya dan jika dibiarkan juga menjulurkan lidahnya (Q.S al-A’raaf ayat 175-176) adakah manusia atau diri kita lebih mulia dari seekor anjing? peragai anjing adalah menjulurkan lidah atau .....

Sesungguhnya orang-orang yang mendustakan ayat-ayat kami dan menyombongkan diri terhadapnya, tidak akan dibukakan pintu-pintu langit bagi mereka, dan mereka tidak akan masuk surga, sebelum unta masuk ke dalam lubang jarum. demikianlah kami memberi balasan keapda orang-orang yang berbuat jahat (Q.S al-A’raaf:40)

adakah kita tergerak untuk berbuat unutuk ummat?

Tidak ada komentar: