Kamis, Februari 25, 2010

Pengemis Kebaikan

Dengan tongkat yang panjang tidak lebih dari satu meter. Alat yang menjadi penentu apakah ia akan melangkah lebih panjang karna ada lobang. Atau karna di pepet sang motor yang terburu nafsu untuk sampai di tujuan.

Kadang kala mesti bergerak cepat untuk menepepi di jalanan yang penuh pacuan motor dan mobil yang tidak simpati apalagi memiliki empati. Kadang langkahmu tersangkut untuk dapat menghindar dari kemarahan orang yang memiliki motor atau mobil yang parkir di tepi jalan.

Semilir angin menyapu wajahmu yang telah mengeras dan tidak lagi indah yang tidak lelah berjalan. Langkah-langkah itu selalu bercerita bahwa engkau pernah hadir disana bagi malaikat yang menunggu kebaikan-kebaikan mengalir kedalam kantong kecilmu.

Langkah-langkahmu bergerak seiring perputuran tarigan gas motor dan mobil dan langkah dirimu tidak tahu kemana mesti jalan hidup yang di tuju.

Jakarta yang katanya negri seribu satu kebaikan, hari ini telah kulalui di seribu satu penderitaan di seribu satu langkah yang selalu bergerak kemana hati dan tongkat membawa pergi.

Rambut putih dan hitam yang memiliki komposisi hampir sama yang telah lama ia tidak mendapatkan pemerbersihan dari debu jalanan Jakarta.

Kadangkala hanya mendapatkan sapuan air di depan sebuah mesjid atau mushalla yang masih mau memberikan emperan untuk menginap sementara waktu sampai esok pagi datang lagi.

Ku berjalan untuk mengemis kebaikan-kebaikan yang telah Engkau berikan bagi mereka yang mempunyai kesempurnaan dalam hidup baik organ penglihatan dan juga karir cemerlang.

Belantara Jakarta mau siang ataupun malam tetap tidak memliki cahaya yang dapat kulihat. Kadang ada yang membantu dengan memberikan seribu, dua ribu atau lima ribu, dan amat jarang seratus ribu. Namun tidak sedikit juga sindiran pilu, umpatan ngilu dan perkataan kelu.

Ku tetap berjalan di tuntun tonkat yang selalu membawa kebaikan.

Catatan di Halte Salemba UI, terima kasih telah mengajarkan bagaimana menjadi pemberi kebaikan, salam untuk mu Pengemis Kebaikan

Tidak ada komentar: