Selasa, Januari 12, 2010

Tukang Kredit Keliling


Aktivitas ini adalah menjual barang-barang yang dibutuhkan oleh masyarakat dengan nominal yang kecil.
Aneka barang kebutuhan kecil dapat dicicil, baju, celana, sepatu,HP, Perabot.
Keunggulan kredit ini adalah fleksibelitas dalam pembayaran untuk jangka waktu yang panjang. Seribu dua ribu yang tidak terasa dari hari kehari.
Keunggulan lain adalah biaya tenaga kerja yang kecil. Usaha ini dioperasikan oleh seorang diri. Mengambil barang dengan bekerja sama dengan toko yang mau member waktu jatuh tempo yang lama.
Kredit keliling menjembatani sebuah kebutuhan dari masyarakat dengan cara yang mudah dan tidak membutuhkan jaminan apa pun dalam bentuk fisik. Jaminan untuk mendapatkan kredit ini adalah kepercayaan yang terbagun dalam pergaulan.
Bagaimana bisnis berjalan dan memberikan keuntungan. Dalam pengalaman bercerita dengan mereka yang telah melakukan bisnis ini adalah keuntungan yang diambil besar, minimal 50% dari harga pokok barang.
Pengambilan keuntungan ini diambil untuk menutup biaya operasional dan juga proteksi terhadap kecurangan yang dilakukan oleh pelanggan.
Mengenal tukang kredit keliling cukup sederhana. Mempunyai buku hitam tau binder, denga sebuah pena dan beberapa catatan-catatan pembayaran. Catatan pembayaran hanya terdapat pada tukang kredit.
Perputaran 1 rupiah dalam bisnis ini mencapai milyaran pada beberapa pasar-pasar tradisional, perumahan, perkampungan, pemaiannya tidak lagi individu, namun telah memasuki koperasi dan perusahaan.
Disana ada 1 rupiah yang berputar cepat dan bertahan lama. Sebuah bisnis yang manis dan yammi.

Tidak ada komentar: