Sabtu, Januari 30, 2010

Berbicara Asli Bernas


Akan berbeda dengan Berbicara Asal Bunyi. Kadangkala kita sering berbicara panjang lebar dan ternyata hanya sebuah Berbicara Asli Bernas bagi yang menyampaikan dan berbeda pada yang mereka mendegar menjadi Berbicara Asal Bunyi.
Ilmu retorika mengajarkan sistematika berbicara. Bagaimana melibatkan fakta-fakta, kejadian yang disusun untuk menggugah emosi, intelektual. Penggunaan kata-kata, penyusunan kalimat-kalimat menjadi satu tujuan yang tercapai dan di pahami oleh audien atau pendengar.
Kita sering mendengar beberapa jenis pembicaraan yang disampaikan oleh orang-orang. Pengalaman kita mendegarkan pidato, khutbah, ceramah, propektif perusahaan atau curhatan teman atau complain dari pelanggan.
Dari penyampaian kita dapat memberkan berbagai kategori, pidatonya menggugah dan menggerakkan seperti pidato Bung Karno. Pidato yang menentukan seperi Malcom X dengan judul I Have a Dream. Pidato yang menegaskan dan sebagai panduan seperti Pidato Haji wada’ yang di sampaikan oleh Rasul SAW. Pidato yang menguras air mata seperti pidato perpisahan dan banyak jenis pidato dalam kontek berbicara.
Dan juga sering kita menemui Berbicara Asal Bunyi, yang bercerita banyak hal namun tidak dapat mengambil manfaat sama sekali. Termasuk dalam kategori ini adalah ngoceh dan ngomel. Berbagai jenis binatang keluar dari ucapan, berbagai sumpah dan sampah serapah keluar. Berbagai bentuk makian dan cacian keluar dari ucapan.
Sering kita mendengarkan Berbicara Asal Bunyi dari para politisi yang menyampaikan tanggapan tentang suatu peristiwa. Berbicara di luar kapasitas intelektual, skill yang dimiliki. Maka jarang dan amat riskan seorang politisi di jadikan pembicara seminar dan orasi ilmiah.
Fenomena Berbicara Asal Bunyi tidak terlepas dari sebuah bisnis infotainment. Mengeluarkan pernyataan tentang kehidupan pribadi, pendapat para artis, pandangan mereka. Sering terdegar ketika mereka di sudutkan oleh satu permasalahan, maka Berbicara Asal Bunyi adalah ‘jualan’ bisnis Infotainment.
Sedikit dari kita yang mampu Berbicara Asli Bernas dan sering kita Berbicara Asal Bunyi. Dan Berbicara Asli Bernas selalu di amini oleh mereka yang Berbicara Asal Bunyi.
Di sponsori oleh:
Rumah Sehat & Apotik Herba
SYIFAAU MUMTAZ
Jakarta -Indonesia

Tidak ada komentar: