Kamis, Januari 07, 2010

TABIR GELAP GEMPA PARIAMAN

Tetapi ketika Allah menyelamatkan mereka, malah mereka berbuat kezaliman di bumi tanpa (alasan) yang benar. wahai manusia! sesungguhnya kezalimanmu bahayanya akan menimpa dirimu sendiri: itu hanya kenikmatan hidup duniawi, selanjutnya kepada kamilah kembalimu, kelak akan kami kabarkan kepadamu apa yang telah telah kamu kerjakan (Q.S Yunus:23)

Bencana tetap menyisakan orang-orang yang tinggal dengan segenap dinamika. Kesempatan untuk menata diri sesuai dengan syariat Islam dengan memenuhi tuntunan Allah dengan Al-quran dan Rasul dengan Sunnah. Bagi mereka yang menjadi korban semoga menjadi yang terbaik di sisi Rabb (Q.S Alfajri 29-31).

Namun dari pengalaman penulis di wilayah bencana semua Allah perlihatkan di depan mata penulis bagaimana sebuah kezaliman merajalela dan perangai manusia. Gambaran ini Allah gambarkan di Q.S al-a’raf ayat 179 lebih hina dari binatang ternak.

Ketika gempa mengguncang di petang hari rabu dan itu menjelang magrib. Dari beberapa cerita yang kudapati bahwa bumi seolah menjadi sebuah akrobat yang kita tidak mampu untuk berdiri atau pun berbaring. pilihan-pilihan berkecamuk di depan kepanikan, bagi yang mencintai dunia, dunia itu telah berguncang menghancurkan segala isinya. mencintai rumah, rumah hancur berantakan, mencintai harta, harta tidak membawa apa-apa malah menyusahkan.

Mencintai anak dan keturunan, malah membawa kepayahan dan juga menjadi fitnah. Magrib menyapa masyarakat yang di cekam ketakutan akan banyak hal. Hanya satu kata kita mesti kembalikan semuanya Innalillahi wainna ilaihi rajiun.

Namun adakah masyarakat melakukan solat magrib dan melakukan solat sunnah taubah dan solat sunat tolak bala? Isya datang menuntun sang hamba untuk berpasrah diri kepada Allah akan segala kejadian di alam adalah kehendaknya. Dari cerita yang penulis dapat di lapangan bahwa sedikit masyarakat yang kembali ke rumah Allah untuk beribadah dan bermunajat kepadanya mohon ampun.

Senin, 5 Oktober 2009 Hari pertama kegiatan “Anugrah dibalik bencana” di laksanakan di Kec.Lubuak Aluang, Nagari Lubuak Aluang, Korong Sikabu di mesjid Raya sikabu. Kegiatan di mulai dengan trauma healing dan juga dengan pengaturan saf para ibu-ibu. Yang menjadikan kesedihan terdalam penulis adalah hilangnya masyarakat untuk melaksanakan solat zuhur berjamaah dari lebih kurang 75 orang tinggal 4 orang saja yang solat berjamaah. Mesjid hanya di gunakan untuk kegiatan solat jum’at semata.???
23 oktober 2003 di hari besar umat islam, karna di hari itu kita berkumpul untuk mendengarkan nasehat khatib untuk mendapatkan pengajaran dan pedomanan hidup. Rasulullah saw bersabda kepada Sa’ad r.a, “Wahai Sa’ad, perbaikilah (murnikanlah) makanan niscaya kamu menjadi orang yang terkabul doanya. Demi yang jiwa Muhammad dalam genggaman-Nya! Seorang hamba yang melontarkan sesuap makanan haram ke dalam perutnya maka tidak akan diterima amal kebaikannya selama 40 hari. Siapa pun yang dagingnya tumbuh dari yang haram maka api neraka lebih layak membakarnya” (HR ath-Thabrani). PNPM Mandiri adalah sebuah program pemerintah dalam membantu masyarakat untuk membuat sesuatu yang bermanfaat. 300 juta di kucurkan untuk masing-masing kecamatan. sebahagian dijadikan kegiatan padat karya pembangunan diantanya instalasi air bersih. Sebahagian di jadikan simpan pinjam berbasis bunga. Hampir sebahagian masyarakat kita mendapatkan bantuan dan pinjaman. Hampir di pastikan ibarat kesawah indak bagalimang jo luluak kanai kain lai ado juo. berjual beli dalam masyarakat membudaya jual saparak dengan ketidak jelasan ukuran dan juga banyaknya hal garar dan penipuan dalam jual beli. ketika kita berbicara tentang zakat apakah ada di laksankannya??? belum lagi masyarakat melakukan kredit sepeda motor untuk anak mereka? Ketika mereka berinfak, bersedekah amat rugilah karna sabda rasul “Sesungguhnya Allah tidak menerima sedekah dari hasil ghulul (korupsi, kolusi, manipulasi, dan hal-hal lain yang diharamkan)” (HR Ahmad)

dampak negatif pada manusia bila menyimpang dari ayat-ayat Allah dan melepaskan kebenaran: 1) Setan selalu mengikutinya 2) Ia termasuk golongan orang-orang yang sesat, 3) sangat cendrung kepada keduniawian (hedonisme) 4) ia memperturutkan hawa nafsunya 5) Perumpamaannya seperti anjing. Jika dihalau si anjing menjulurkan lidahnya dan jika dibiarkan juga menjulurkan lidahnya (Q.S al-A’raaf ayat 175-176) adakah manusia atau diri kita lebih mulia dari seekor anjing? peragai anjing adalah menjulurkan lidah atau .....
sesungguhnya orang-orang yang mendustakan ayat-ayat kami dan menyombongkan diri terhadapnya, tidak akan dibukakan pintu-pintu langit bagi mereka, dan mereka tidak akan masuk surga, sebelum unta masuk ke dalam lubang jarum. demikianlah kami memberi balasan keapda orang-orang yang berbuat jahat (Q.S al-A’raaf:40)

sebuah cerita tentang kemenyan. Kemenyan adalah sebuah sarana untuk menyampaikan ruh orang yang meninggal. sembelian gelas mesti di persiapkan untuk air sang mayit mulai dari memandikan sampai ia masuk kubur dan di siram di atas kubur. itulah kepercayaan masyarakat di sekitar ulakan tapakis khususnya di makam syekh burhanuddin (disarikan dari wawancara dengan penjual kemenyan putiah) Kemenyan putiah berasal dari daerah medan, bagian dari kapur barus yang di pergunakan untuk membuang bau yang tidak sedap. bukan mempunyai sesuatu dan kain hal.

Bukanlah kekayaan itu banyaknya harta, tetapi kekayaan itu adalah kekayaan hati” (HR Bukhari)
“Rasulullah saw bersabda. aku tidak menyuruh kamu membangun masjid-masjid untuk kemewahan (keindahan) sebagaimana yang dilakukan kaum Yahudi dan Nasrani” (HR Ibnu Hibban dan Abu Dawud) hampir setiap mesjid hari ini berlomba bagaimana menjadikan mesjid, mushalla menjadi indah dan enak di pandang mata dengan melupakan bagaimana memakmurkannya. Meminta-minta ke jalan-jalan dengan menghambat kelancaran arus lalu lintas, membuat kotak dan meminta di angkot, bus dan juga kereta api. masuk pasar dan keluar pasar. Apakah islam mengajarkan kita menjadi pengemis walaupun untuk kebaikan islam sendiri?? TIDAK SAUDARAKU
Allah swt berfiman, “ Dan musibah apa pun yangmenimpa kamu adalah karena perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan-kesalahanmu) (Q.S Asy-Syuura:30). ...dan keburukan apa pun yang menimpamu, itu dari (kesalahan) dirimu sendiri...(Q.S An-nisa: 79) Bencana gempa sumatera barat 30/09/09 akibat dari banyaknya perbuatan dosa manusia. Bumi tidak sanggup lagi menahan dosa manusia. Mulai dari kegiatan syirik, jual beli yang haram dan dengan cara yang haram, perbuatan zina dan menikahkan anak yang melakukan zina ketika hamil. bermewah-mewhan dan tidak membawayarkan zakat penghasilan kebun. Banyak rumah hancur dan yang menyedihkan adalah hancurnya tempat sujud dan tidak ada yang peduli bagaimana membangunnya kembali atau minimal menjadikannya tumpuan untuk memberikan kesejukan jiwa dan mengobati penyakit jantung di akibatkan oleh trauma gempa. LSM mana yang mau masuk ke wilayah ini??/ buatlah tulisan dan luncurkanlah wahai saudaraku
“ Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya dan Allah membiarkannya sesat dengn sepengetahuan-Nya, dan Allah teah mengunci pendengaran dan hatinya serta meletakkan tutup atas penglihatannya? Maka siapakah yang mampu memberikan petunjuk setelah Allah (membiarkannya sesat)? Mengapa kamu tidak mengambil pelajaran? (al-Jaatsiyah:23) banyak terjadi diantara kita menjadikan panutan kehidpan dan mempedomani hidup berlandaskan keinginan kita, emosi kita, pikiran kita yang tidak bersumberkan alquran dan sunnah. karna kita telah di Allah lalaikan dengan kehidupan dunia dengan hanya mencari perhiasan dunia, gemerlap dunia yang sempet yang benama rupiah. Menggunakan syahwat dan juga musuh Allah yakni setan sebagai pemandu jalan kehidupan.

Tidak ada komentar: