Senin, Januari 25, 2010

Stratak in Board


Banyak persoalan dan permasalahan muncul dalam diri individu, organisasi dan institusi termasuk juga negara. Membutuhkan penyelesaian secara strategis dan taktis. Ketika pendekatan secara strategis telah terpenuhi maka puncak atau sumber utama persoalan telah terselesaikan. Pendekatan secara taktis dilaksanakan menyelesaikan hal-hal kecil yang menyelesaikan pendekatan strategis.
Strategi dan Taktik dalam di gunakan dalam beberapa pendekatan. Pada tulisan ini akan dikupas pada tiga pendekatan, pertama main catur, kedua main billyard dan terakhir jurus bego.
Stratak dengan pendekatan filosofi main catur. Permainan catur adalah permainan menggunakan strategi untuk menjadi pemenang dengan menggunakan taktik menjalankan bidak catur.
Dalam permainan catur terdapat beberapa bidak sebagai pelaksana strategi. Strategi adalah cara atau way mengalahkan lawan dan langkah bidak adalah taktik mengalahkan lawan.
Si bidak kuda cantik yang mempunyai cara jalan yang tidak lazim, mirip dengan huruf L. Adalah ahli strategi dan bertindak taktis. Mempunyai banyak akal dan juga mematikan lawan secara cantik. Mengenali mereka secara individu, organisasi adalah melihat cara berfikir yang berbeda, gerak gerik mereka sering tidak terbaca. Setiap gerak mereka diluar kebiasaan lingkungan.
Si bidak Luncur adalah orang yang ahli dalam satu bidang dan sangat menguasai. Keahlian mereka terfocus pada sasaran yang jelas. Berpendar pada titik tujuan. Orang yang berkarakter pada luncur mereka yang menguasai bidang tertentu dan sangat ahli.
Sibidak Benteng adalah meraka yang diartikan sebagai penjaga dan tempat berlindung. Kekuatan mereka adalah mempertahankan territorial, dalam individu mereka adalah orang yang menjadi jawara, pada perusahaan adalah mereka sebagai security. Cara berfikir lurus dan tidak bengkok. Berhadapan dengan mereka menggunakan kecerdikan si Kuda dan Pengamatan si Luncur.
Sedangkan prajurit adalah mereka yang mengerti akan sesuatu hal dan kecendrungan adalah pemula. Bidak prajurit memiiki keterbatasan dalam kemampuan intelektual secara personal, sedikit pengalaman dalam organisasi. Memiliki kemauan kuat untuk bergerak maju dan semangat pantang menyerah. Dalam level perusahaan mereka adalah new comers.
Stratak dengan pendekatan main bilyard, pada billiard terdapat bola berjumah Sembilan buah. Bola 9 adalah bola yang menjadi incaran. Bola 9 adalah simbol sebagai keunggulan bagi yang mampu memasukkan ke dalam lubang.
Memasukkan bola 9 dengan memasukkan bola lain memiliki stategi berbeda dan penerapan taktik berbeda. Seni kemungkinan inilah cirri khas dari permainan bola billiard. Pada tahap tertentu bola Sembilan diselesaikan tahap demi tahap dengan taktik memasukkan urutan bola secara berurutan. Secara strategis hal ini dilakukan dengan stategi untuk menekan dan taktik perlahan.
Pada pendekatan lain memasukkan bola 9 dengan memasukkan bola lain membutuhkan taktik berbeda. Pengukuran kekuatan, efek angel tangan, efek lantunan bola dan juga kecepatan bola. Permainan bola 9 mengajarkan sebuah taktik sederhana untuk mencapai strategi paripurna lewat satu hentakan bola yang memberikan efek berbeda.
Stratak dengan pendekatan jurus bego. Pendekatan ini menggunakan permainan pertanyaan dengan mengajukan 5 W dan 1 H. Penulis, wartawan, penemu, dan juga mereka yang mencari sesuatu menggunakan pertanyaan What (apa), Why (kenapa) Who (siapa), When (Kapan) Where (Dimana) dan How (Bagaimana).
Pertanyaan ini memposisikan diri pada bego. Bego berarti tidak mengetahui tentang hal yang di cari. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk mendapatkan jawaban dan juga ilmu pengetahuan. Jurus bego dalam stategi dan taktik dalah mengupas lebih mendalam tentang ornament-ornamen dari stategi bagaimana melakukan dan tactic seperti apa melakukannya.
Jurus bego kembali kepada kesadaran untuk pembelajaran menjadi. Bukan kembali kepada kesadaran untuk belajar tentang. Ketika kesadaran untuk pembelajaran menjadi maka pertanyaan 5 W dan 1 H meningkatkan kualitas kedirian. Pada kesadaran belajar tentang hanya sebatas kemampuan untuk mengetahui.
Apapun metode yang di lakukan Stratak adalah bagian tidak terpisahkan dari kehidupan pribadi, organsasi, institusi dan Negara.
Siapa yang mengenal dirinya dan orang lain maka ia akan memenangi pertempuran (Sun Zhu)
Di sponsori oleh:
Rumah Sehat & Apotik Herba
SYIFAAU MUMTAZ
Jakarta -Indonesia


Tidak ada komentar: