Minggu, Januari 24, 2010

Kuatnya Sang KATA

Aku ni masih beginilah....
belum ada apa2nya....
Aku orangnya susah…
Aku orangya pendiam, aku tidak bisa….

Banyak kata-kata yang terucap dari bibir kita, tertulis dalam status fb kita. Sebuah kata mengandung makna dan juga symbol yang menyimboli diri kita. Sebuah kata pada dasarnya adalah melambangkan siapa kita.
Mungkin hal sederhana kita lihat postingan wal kita dan juga tanggapan-tanggapan kita terhadap tulisan orang. Dari kata-kata tersebut maka wajah kita telah digambarkan.
Sebuah kata mengandung sebuah tanggungjawab, resiko, pilihan dan juga keberpihakan. Kata mengandung sebuah tanggungjawab ketika ada pilihan ya dan tidak. Contoh sederhana. Kamu bisa ngak bantuin aku untuk mencari sesuatu. Ketika kita menyatakan “Ya” maka kata tersebut mengandung tanggungjawab untuk menyelesaikan hal tersebut.
Kata mengandung resiko. Dari contoh di atas ketika kita mengatakan “tidak” maka kita mengambil resiko untuk tidak merasa enak dengan orang yang minta bantuan.
Kata mengandung pilihan. Pilihan ketika mengatakan “Ya” adalah menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan tanggungjawab yang mengikutinya. Sedangkan ketika mengatakan “Tidak” maka kita memberikan pilihan untuk tidak melakukan dan melakukan kegiatan lain.
Kata mengandung keberpihakan. Kata yang kita ucapkan “Ya” maka kita secara tegas berpihak kepada keberpihakan membantu, dan ketika kata yang diucapkan “Tidak” maka kita secara teras berpihak untuk tidak membantu.
Kekuatan kata menjadikan banyak sejarah berubah. Soekarno dan Hatta memproklamirkan kata proklamasi maka jadilah Indonesia.” I Have a Dream” dari Malcom X menghantarkan kesetaraan di amerika. “Change I Believe” menghantarkan Barack Obama menjadi presiden pertama dari keturunan afro amerika. “Indonesia Bisa” Menghantarkan Pasangan SBY-JK memimpin Indonesia. Dan “Lanjutkan” menghantarkan SBY-Boediono memimpin Indonesia. Dengan kata “saya adalah rasul” menghantarkan kita menjadi muslim.
Dari sebuah kata, sejarah telah membentuk cerita. Apa KATA Anda yang menjadikan Anda berbeda dan membuat sejarah?

Tidak ada komentar: