Selasa, April 13, 2010

Strategi for winning science fair projects




Judul                 : Strategi For Winning Science Fair Projects
Penulis               : Joyce Henderson dan Heater Tomasello
Penerbit              : John Wiley & Sons
Cetakan               : Pertama Tahun 2003
Tebal                 : 111 halaman
ISBN                  : 0-471-41957-5

Judul buku ini sangat bagus untuk lomba-lomba memenangkan suatu proyek penelitian ilmu pengetahuan. Dari judulnya pembaca sudah mengetahui arah kemana buku ini ditulis oleh pengarang.  Pembaca akan segera mengetahui apa yang terdapat dalam isi buku ini. Buku ini diharapkan dapat menjawab semua apa  yang selalu muncul dalam benak seseorang ketika ia akan mengerjakan sesuatu tentang ilmu pengetahuan terutama tentang melakukan sebuah penelitian dalam ilmu pengetahuan.

Dalam pikiran dan gagasan seseorang yang ingin megerjakan sesuatu tentang proyek penelitian dalam bidang ilmu pengetahuan, biasanya akan selalu timbul pertanyaan-pertanyaan bagaimana cara-cara untuk melakukan sesuatu yang berhubung dengan memulai penelitian dalam bidang  ilmu pengetahuan. Seperti: Mengapa ingin terlibat dalam lomba ilmiah ?, Siapa yang akan dilibatkan dalam penelitian ini? Objek apa yang menjadi penelitian ? Dimana penelitian ini akan dilaksanakan? Kapan ? dan Bagaimana ?.

Tulisan Penelitian Ilmiah penulis buku ini adalah Joyce Henderson dan Heater Tomasello mengarahkan pembaca untuk mempersiapkan mental. Beliau seorang penulis sekaligus motivator yang memberitahu cara-cara tentang memenangkan lomba proyek penelitian ilmu pengetahuan. Memberitahu cara-cara tentang memenangkan lomba proyek penelitian ilmu pengetahuan. Buku memberikan paduan praktis bagaimana cara-cara memenangkan sesuatu lomba proyek penelitian ilmu pengetahuan yang benar, akan tetapi, lebih dari itu! buku ini Mengajak, memotivasi, dan menginspriasi siapa saja yang ingin memenangkan suatu proyek penelitian ilmu pengetahuan.

Buku ini tediri dari 14 bab, pada bab pertama menjelaskan tentang alasan terlibat dalam lomba ilmiah, kemudian pada bab terakhir itu ada sebuah keinginan penulis untuk mengajak orang tua terlibat dalam pembuatan penelitian ilmiah diantaranya menemani sang anak pergi ke keperpustakaan dan membembing penulisan serta menjadi suporter dalam penyampaian di depan juri.

Keunggulan pada buku ini :
-   Penjelasan yang sempurna tentang langkah-langkah melakukan penelitian,
-          Mempunyai apendiks sebagai pemuat buku,
-          Mempunyai daftar kata yang menjelaskan kata-kata sulit,
-          Mempunyai daftar indeks.
   Kekurangannya pada buku ini adalah Bukan karangan anak bangsa Indonesia,akan tetapi buku ini dari karangan orang luar Indonesia (Bangsa lain).

Di sponsori oleh:
Rumah Sehat & Apotik Herba
SYIFAAU MUMTAZ
Jakarta -Indonesia

Tidak ada komentar: