Jumat, April 30, 2010

Banyuwangi sebuah perjalanan

Perlahan kereta api memulai sebuah tarikan membawa anak-anak gerbong. Malam menemani perjalanan dari Stasiun surabaya gubeng menuju banyuwangi. Berbagai cerita mengalir dengan seorang sahabat seorganisasi yang mengajak untuk bersilaturrahmi ke banyuwangi. Perjalanan ini melewati semburan lumpur lapindo, namun sayang hanya dapat dilihat dan dirasakan dengan melambatnya jalan kereta api malam itu.

Waktu pagi adalah waktu yang menunggu di stasiun karang asem. Corak kota banyuwangi dengan persawahan yang menghampar kekuning-kuninangan yang siap untuk dipanen. Beberapa ekor burung pipit hingap untuk mengambil bagian yang Allah sediakan bagi makhluknya.

Dijemput oleh Hammam seorang anggota HMI Cab. Banyuwangi maka dimulailah episode menapak nusantara di Banyuwangi. Perbedaan bahasa adalah sesuatu keniscayaan bagi kita yang tidak berasal dari daerah tersebut. Maka pada saat itu adalah masa untuk menjadi sang pembelajar.

Sebenarnya banyak hal yang dapat diambil hikmah dalam perjalanan ini. Pada tulisan ini akan di ringkas dengan idiom KTP.

K merupakan kepanjangan dari Kemauan. Banyak kesempatan yang terus membentang di hadapan kita setiap hari, mulai dari kesempatan untuk meningkatkan kualitas diri, perolehan kesejahteraan, kemerosotan moral dan berbagai pilihan. Semua akan berlalu dan tidak memberikan apa-apa kepada kita kalau tidak ada kemauan. Tawaran datang kebanyuwangi adalah sebuah peluang dan maka pada saat itu kita mesti menset kemauan kita untuk mengambil kesempatan tersebut.

T merupakan kepanjangan dari Tekad. Menapak Nusantara adalah sebuah tekad untuk mencari ilmu, guru yang dirangkum dengan A Journey of Spiritual, Emotional, Intelektual dan Mattreal yang akan bersilaturrahmi ke 23 propinsi di Indonesia. Maka ketika tekad itu telah dipancangkan maka tidak ada kata untuk belaku surut.

P merupakan kepanjangan dari Perjuangan. Ketika perpaduan Kemauan, Tekad maka kita membutuhkan Perjuangan untuk merealisasikan hal tersebut. Berbagai persoalan akan menyapa dan menjadikan kita mampu untuk melampaui atau malah kalah. Dalam setiap perjuangan akan ada hal-hal yang kita korbankan.

Banyuwangi sebuah episode yang berbeda karna insya Allah hari Minggu, 2 Mei 2010 kita akan memperingati Hari pendidikan Nasional dengan kegiatan Cerdas Sehati dengan teman "Made dan Leading of personal jenius lewat rangkatian wudu;, solat dan baca alquran.

banyak sebenarya pengalaman-pengalaman yang insya Allah akan dirangkai nanti dalam sebuah episode Banyuwangi ijo royo-royo

Tidak ada komentar: