Kamis, Maret 04, 2010

Tema Besar Tulisan

Menulis adalah panggilan hidup untuk menjadikan hidup lebih hidup, meminjam istilah sebuah iklan. Menulis adalah aktivitas mental, pikiran, emosi dan spiritual. Alquran dalam salah satu ayat menyatakan "Nun. wal qalam wama yasturuun" artinya Nun. dan demi qalam apa yang dinukilkan. (Q.S Nuun 1-2) Inilah dasar awal kenapa beberapa tulisan dan postingan saya hadir di kehadapan teman-teman fecebooker semua.

Melihat, memperhatikan dan mempelajari beberapa potingan di wall, catatan dan juga beberapa komentar yang terdapat maka dapat di kategorikan beberapa fenomena. 
 
Pertama, tempat menumpahkan kekesalah, kekecewaan, cacian dan makian. Menyatakan kekecewaan dan emosi negatif adalah sebuah bentuk terapi, namun di jadikan sebagai status. Postingan ini memberikan efek negatif bagi orang lain. Multi efek yang jarang kita perhatikan dan menjadi perhatian. 
 
Kedua, tempat berhumor ria, sering kita memaksanakan diri untuk membuat status supaya melahirkan tanggapan dari banyolan dengan yang kadang di buat-buat. Fenomena ini adalah sebagai bentuk membadutkan diri untuk mendapatkan tanggapan. 
 
Ketiga, sebagai sebuah entitas sosial diri. Dengan membuat postingan seakan kita telah menjadi bagian dari komunitas sosial bernama facebooker. Kecendrungan ini menjadikan orang terasing ketika dalam satu hari tidak merubah status dengan mengorbankan isi status dengan hanya sebuah kata atau kalimat atau titik yang tidak berati. 
 
Keempat, kelemahan dalam literasi. Kelemahan ini terlihat dari beberapa komentar dari beberapa tulisan yang hadir baik berupa catatan, tautan, seakan tenggelam tanpa ada kemampuan untuk menganalisa, membedah atau mengkritisi sebuah catatan. 
 
Kelima, tempat berbagi dan aktualisasi diri. Hal ini tidak seberapa yang menjadi facebook sebagai tempat berbagi ilmu pengetahun, hikmah, tips dan trik yang bermanfaat bagi orang lain dalam suatu pekerjaan atau menghadapi masalah. 
 
Hanya terdapat sedikit orang yang secara konsisten menjadikan facebook sebagai bentuk aktualisasi diri. Memberikan sebuah kekuatan untuk menggerakkan, menginspirasi, memotivasi dan mengevaluasi. Belum terlihat cerpen-cerpen, untaian hikmah yang mempengaruhi lebih separuh postingan di wall.

Menarik dari fenomena diatas, maka tulisan dan postingan-postingan selanjutnya merupakan sebuah kehendak menciptakan setingkat lebih tinggi menjadikan facebooker sebagai subjek, objek pembelajaran bagi saya pribadi, dan juga pengguna. Dengan ini tema tulisan saya akan berpendar dan berkulindan dalam tema

Pertama, Cinta. Tema ini dipilih untuk menjadikan kita memiliki kesadaran akan kekuatan memberi, memberi dan berbagi. Dengan kesadaran cinta menghadirkan suasana yang enak dan selalu melekat di hati. Para pengguna facebooker terbanyak berkisar umur 16-40 tahun di mana masa pematangan diri menkonsepsi cinta dan berkulindan dalam realitas cinta-cinta yang terbagi dalam peran-peran kehidupan. 
 
Tulisan bertema cinta di persiapkan untuk sebuah buku pertama dalam judul "1/2 + 1/2 = tak terhingga" dialektika 1001 cinta. Sebagai hadiah nanti untuk pernikahan saya nanti.

Kedua, Financial Business. Tema ini diambil sebagai sebuah spiritual emprovement untuk mendukung persiapan penerbitan buku "The Islamic Cashflow Quadrant", "Mesjid Corporation" menjadikan mesjid sebagai kekuatan ekonomi spiritual, sosial entrepreneruship dan pengembangan kawasan bisnis terpadu. 
 
Topik pembahasan akan mengupas seputar keuangan, keuangan mesjid, tips dan trik bisnis dan kehidupan yang melingkupinya. Tulisan ini di posting khusus di beberapa weblog saya dan sebagian di catatan facebook ini.

Ketiga, Traveling tema ini diambil dari kegiatan perjalanan-perjalan saya baik perjalanan yang telah lama berdasarkan foto dan juga catatan harian atau catatan From:to sejuta Mesjid/Mushalla dan juga Beyond the Mosque. Dalam catatan ini akan mengupas suka duka, keunikan dan juga hal yang menjadikan sebuah perjalanan itu menarik dan bermanfaat untuk kita.

Keempat, Inspirasi-motivasi.Tema ini berangkat dari basic saya sebagai trainer dan jurusan perkuliah yakni Manajemen sumber daya manusia. Inspirasi dan motivasi adalah penggerak bagi tataran aksi. Tanpa inspirasi dan motivasi semua akan biasa dan tidak TERBIASA. wujud akhir dari Inspirasi motivasi adalah berdirinya Universitas Kehidupan Insani Entreprenuer Charity dengan melahirkan motivator-motivator unggul di fakultas motivasi.

Tema diatas akan menjadi tema besar tulisan-tulisan dan postingan saya nanti. Terima kasih yang dengan senang hati mengkritisi, membedah dan mendedah tulisan saya. Karna kata-kata tidak bermakna apa-apa ketika ia hanya menjadi pajangan semata.

Selamat menikmati, tinggalkanlah jejek langkah keabadian setelah kematian diri.

salam dari saya

Muhammad Yunus 
Sang Pemenang Pembelajar
duduk termenung setelah tersesat di belantara sawah yang mulai memasak, berpacuu dengan awan yang mendung menjelang hujan
berbecak dengan sebuah keluarga di padang pariaman
Perjalanan berburu gambar mesjid dan surau yang rusak, foro ini di nagari kasang, pengambil gambar ajad sudrajat

Tidak ada komentar: