Jumat, Maret 19, 2010

Pola dan Sistem Distribusi


Pola dan sistem Distribusi
PT. MYANS INSANI SEJAHTERA
oleh: Muhammad Yunus
CEO

INTRODUCTION

Distribusi adalah sebuah keniscayaan dalam sebuah bisnis. Terutama bisnis yang bergerak dalam bidang produk. Disribusi bagi perusahaan tertentu dikelola secara langsung. Hal ini terutama bagi perusahaan yang masih kecil dan cakupan yang masih dekat atau dalam suatu regioal. Namun bagi perusahaan lain mendelegasikan pola distribusi kepada konsumen akhir. Banyak perusahaan hidup dari mendapatkan hak distribusi sebuah perusahaan. Bagaimana menyikapi saluran distrubusi menjadikan saluran distribusi bergerak efektif dan menjadikan kekuatan marketing dan selling perlu di kaji dari berbagai sudut pandang. Karna pengelolaan yang tidak baik membuat produk tidak sampai pada konsumen akhir. Hal ini mengakibatkan kekecewaan bagi konsumen. Bagi perusahaan ini mengakibatkan biaya tinggi. Sistem distribusi dalam PT. MYANS INSANI SEJAHTERA berlandaskan suatu sistem yang bersinergi antara Distributor, Agent dan Konsumen. Memformulasikan dan Menerapkan standar bisnis halalan tayibah  dalam produksi, distribusi dan pemasaran.
BEBERAPA PERSOALAN
1.       Kelangkaan barang di tingkat Agent dan distributor. Sering terjadi apabila suatu barang pada tahap siklus pertumbuhan barang. Pihak produsen kewalahan dalam memproduksi secara cepat untuk merespon permintaan.
2.       Perbedaan harga pada konsumen akhir yang ditetapkan masing-masing canneling distribusi. Perbedaan harga pada tingkat masing-masing distributor dan agent dalam rangka mengejar target dan juga peningkatan penjualan. Pada pola konvensional harga tidak dapat di seragamkan, kecuali pengelolaan outlet secara sistem dan modern. Pola pada MLM kecendrungan menjual seharga pendapatan distributor.
3.       Harga pada tingkat konsumen belanja di Produsen berbeda dengan Distributor dan Agent
4.       Bagaimana Ketika konsumen belanja ke Produsen mendapatkan harga yang sama ketika belanja ke Distributor dan juga Agent dan bagaimana dengan hak Disributor dan Agent.
5.       Keseragaman marketing dan program bagi setiap canneling distribution.
POLA DISTRIBUSI
PT. MYANS INSANI SEJAHTERA menerapkan pola keagenan dengan 4 tingkatan.
Pertama, Produsen yakni pihak perusahaan. Kedua. Distributor yang membawahi beberapa agent dan juga unit usaha. Ketiga. Agent yang menyasar bagian konsumen. Keempat. Konsumen sebagai distributor dan pengguna jasa dan barang.
Pihak Distributor dan Agent adalah orang atau badan usaha yang menamankan saham pad PT. MYANS INSANI SEJAHTERA dan menjadi co-distibutor bagi produk dan jasa yang ada. Antara setoran saham dengan pembelian unit usaha berbeda.
SISTEM DISTRIBUSI
Sistem distribusi menggunakan pola bagi hasil keuntungan dan juga kegiatan event charity. Sistem distibusi menggunakan cash credit untuk produk-produk yang di tawarkan dan fee untuk jasa-jasa konsultasi.

Tidak ada komentar: