Jumat, Maret 19, 2010

Jadi Anak Soleh Jenius! Fasted !!


Jadi Anak Soleh Jenius! Fasted !!
Aktivitas Ibadah: Wudhu’, Solat, dan Baca Al-Qur’an
Puji syukur kehadirat Allah Swt atas karunia ibadah yang membuat umat islam adalah umat yang unggul dan pretatif. shalawat dan salam kepada Rasullah Saw sebagai keteladan sepanjang yang mampu memaksimalkan fitrah kecerdasan (fatanah) beliau untuk umat muslim.
Setiap kita adalah Jenius. “sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.”(Q.S Attin: 4)
Anak yang dilahirkan oleh rahim ibunda yang mencintai semenjak berada dalam rahim sampai akhir nafas ibunda. Selalu mendoakan dan mengarahkan anaknya kearah dan tempat yang baik dan lebih baik. Rasa cinta ibunda adalah sepanjang hanyat dan diantara desahan nafasnya.
Anak adalah amanah dalam terminologi kita sebagai mukmin. Amanah Allah yang menuntut kita menjadikannya sebagai pendulang pahala, menjadi anak soleh, mempunyai ilmu yang bermanfaat.
Sering kita mendengat dan mengucapkan kata-kata
“Kamu bodoh, masak begitu aja kamu tidak bisa,” Kamu tidak bisa, biar kakak kamu aja. Anak setan dibilangin kagak degar. dan masih banyak kata-kata dan hardikan yang kita alamatkan terhadap anak. Pertanyaan adakah ini sebuah hal yang baik dan positif? atau kata-kata yang keluar dari cinta seorang ibu atau ayah? Atau barangkali kita sebagai ayah minta bantuan untuk membelikan rokok, satu, dua batang. Benarkah kita mengajarkan anak-anak untuk berbuat sia-sia. Pernahkah kita minta bantuan anak-anak untuk membeli madu dan meminumnya secara bersama dan membagikannya kepada anak tetangga. Atau kita minta tolong kepada anak kita untuk membacakan al-quran dan menyimaknya atau mendengarkan hafalannya di sekolah? atau mengetahui bahwa anak kita punya beban pskologis di sekolah karna mengalami permasalahan?
Sebuah pepatah minangkabau mengungkapkan “Air hujan tidak akan jatuh kecuali ke pelimbahan” Kualitas anak tidak akan jauh dari kualitas orang tua”. Untuk membersihkan air di hilir mesti membersihkan air dari hulu.
FITRAH YANG MEMPESONA
Organ tubuh yang diciptakan Allah adalah alat perlengkapan telah siap pakai. Hanya membutahkan sebuah instalasi sistem pemicu untuk menjalankan program dan sistem tubuh. Organ tubuh manusia dibagi menjadi dua bagian. Bagian luar yang terdiri dari tangan, kaki, telinga, mata, hidung, mulut. Dan organ baian dalam yang terdiri dari: Otak, Hati, Lambung, Empedu, Ginjal, Jantung, Usus halus, usus besar, Tulang dan sistem saraf, darah, limfatik, angin. Adalah sebuah kesempurnaan penciptaan dan itulah kita manusia.
Otak adalah sebuah organ yang terdapat dalam diri kita dan anak kita. Otak terbagi menjadi dua, Otak besar dan otak kecil dengan dua belahan, Otak bagian kanan dan otak bagian kiri.
Dalam massa Otak yang keriput, berwarna abu-abu,  dan berbobot sekitar 1,5 kg, terdapat sekitar 10 sampai 15 MILLYAR sel saraf....Ricard Retak, M.D dalam bukunya, The Brain, Menyatakan “Otak manusia dapat menyimpan informasi lebih banyak daripada seluruh perpustakaan di dunia” (B1)
Lebih lanjut Judith Hooper dan Dick Teresi dalam The Three-Pound Universe membandingkan otak dengan alam semestaini. Mereka menyatakan, :”Otaklah alam semesta tersebut”.
“Penelitian otak yang dilakukan dalam 25 tahun terakhir lebih banyak daripada dalam selruh sejarah manusia digabung menjadi satu. Masih ada banyak hal yang msih belum (dan mungkin tidak akan pernah) kita ketahui mengenai otak”. (B2)
Ada banyak teori yang memberikan pandangan mengenai otak dan tetap memberikan sumabgan untuk pemahaman yang lebih kaya tentang cara otak belajar. Otak adalah bagian dari suatu jaringan kabel listrik yang menyebar ke seluruh tubuh dan terus menerus mengirim dan menerima pesan. Jumlah kabel itu luar biasa banyaknya. Otak sendiri mempunyai lebihdari 100.000 mil kabel. Yang saling berkirim pesan dan berinteraksi perdetik.
Penjelasan lebih lanjut otak manusia mempunyai tiga bidang spesialisasi yang terpisah dan tetap berhubungan: Otak Reptil, Sistem Limbik (otak tengah) dan Neokorteks (B3). Sedangkan menurut Teori Otak Triune membagi menjadi:
Neokorteks. Ini adalah topiotak, penutup yangmelilit berupa zat berwarna kelabu yang merupakan 80-85% dari massa otak. Otak ini mempunyai banyak fungsi tingkat tinggi seperti berbahasa, berpikir abstrak, memecahkan masalah, merencanakan ke depan, bergerak dengan baik, berkreasi.
Sistem limbik. Ini adalah otak tengah yang memainkan peranan besar dalam hubungan manusia dan emosi. Ini adalah otak sosial dan emosional. Di otak ini juga terkandung sarana yang penting untuk ingatan jangka panjang.
Otak Reptil. Ini adalah bagian otak paling sederhana. Tugas utama adalah mempertahankan diri. Menguasai fungsi-fungsi otomatis seperti degupan jantung dan sistem peredaran darah. Disinilah pusat perilaku naluriah danrepetitif yang cendrung mengikuti contoh dan rutinitas secara membuta dan ritualistis. Otak reptel diyakini sebagai bagian otak yang terlbiha tdalam perjuangan kekuasan hierarkis. Ia tahu cara menipu jika diperlukan demi kelangsungan hidupnya. Ini adalah otak hewan.
Semua hal bertumpu pada organ kecil yang diciptakan dari keseluruhan organ oleh Allah swt. Ada sisi lain yang masih menjadi sebuah misteri bahwa ada bagian belum terekploitasi dengan maksimal yakni Aqal yang betumpu pada sisi ruh Allah dengan kekuatan 99 asmaul husna. Karna manusia adalah hamba Allah (Q.S Azzariat;56) dan sekaligus khalifah yang diwariskan bumi (Q.S Albaqarah;31) diberikan sesuau alat yang akan mempermudah kegiatan kemanusian kita untuk menjadi hamba yang terbaik.
FITRAH YANG MEMUDAR
Ketidak tahuan kita akan sebuah ilmu pengetahuan menghantarkan pola budaya bagi kita orang tua. Banyak kesempatan emas yang telah terlewatkan dari  proses pertumbuhan anak. Berawal dari dalam kandungan, proses melahirkan, menyusui, balita, sekolah, kuliah dan sampai pada berumah tangga. Beberapa hal yang membuat fitrah yang Allah persiapkan itu memudah oleh ulah kita “Telah nyata kerusakan dimuka bumi oleh ulah tangan manusia”(Q.S.....:....):
Perkataan & sugesti negatif. Hampir setiap anak mendapatkan sebuah ungkapan, cacian, makian dan ejekan. Ungkapan-ungkapan itu mengkibatkan sisi emosional dari anak mandeg. Maka kita akan melihat dan mendapati anak menjadi murung, menangis, atau bad mood dalam bahasa sekarang. Anak-anak jarang mendapatkan pujian dan sanjungan atau perkataan yang mengandung unsur-unsur positif. Contoh kata positif “Anak sayang, mau nga’ mendapatkan pahala dan menjadi pintar bantu bunda untuk .........” Mungkin hal ini jarang kita dengar dan juga jarang kita ucapkan untuk anak-anak kita. Kadang kala yang sering muncul adalah pertengkaran suami istri di depan anak-anak.
Budaya & tradisi negatif . Budaya adalah keseluruhan aktivitas dan juga ornamen-ornamen dalam rumah. Jarang ditemukan sebuah keluarga yang sesudah magrib melakukan solat magrib bersama, makan malam bersama dan solat isya berjamaah. Magrib dilalui dengan solat sendiri-sindiri. Makan sendiri-sendiri dan jarang bersama. Kemudian tidak terjadi sebuah belajar besama orang tua dengan anak dalam tilawatil quran dan membedah ayat-ayat alquran. Namun budaya keluarga lebih banyak menikmati menonton. Namun tontonan tersebut sebahagian bukanlah yang membuat budaya positif bagi keluarga namun menjadikan budaya negatif keluarga. Semakin tinggi tingkat pengamalan alquran dan sunnah di dirumah tangga maka akan tercipta generasi Islam yang kuat.
Lingkungan. Lebih kurang 50% anak-anak berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Tetangga, lingkungan RT/RW, pergaulan anak sesama anak dan juga lingkungan sekolah mempengaruhi tingkah polah seorang anak.
Pendidikan yang tradional. Seringkali pendidikan masih mengandalkan pola lama dan tidak memenuhi akan tuntunan sebenarnya dari pola berlajar efektif. Pendidikan sebahagian besar masih mengandalkan belajar menghafal, meniru, guru sebagai pusat kekuasaan, pendidik harus patuh dan pasif. Dan juga terjadi kesenjangan pola yang dikembangkan disekolah dengan pendidikan yang berlaku di dalam keluarga. Dahulu jika seseorang telah menyerahkan anaknya untuk didik maka orang tua menyerahkan beras, kain putih, rotan kepada guru. Hal ini adalah penyerahan pendidikan anak tanpa adanya intervensi orang tua akan proses belajar. Namun hari ini akan berbeda kejadianya apabila anak mendapatkan perlakuan kurang enak. Orang tua tidak mengkonfirmasi kenapa bisa terjadi namun melakukan pembelaan. Akhirnya adalah terjadi kebigungan dan kerusakan anak.
Makanan & Minuman. Makanan sebagai sumber protein dan nutrisi mempengaruhi terhadap kecerdasan anak. Pernah kita mendapati anak yang cerdas denga hanya makan tempe dan tahu serta sayur-sayuran yang tumbuh dari kebun sendiri namun menjadi profesor, doktor dan mempunyai pretasi yang baik. Namun fakta dibalik itu semua berhubungan dengan apa yang dimakan apakah sehat dan organik, tidak menggunakan zat pengawet, formali, zat sintetis seperti gula, pewarna, zat asam benzoat dan semua yang berasal dari peniruan dari zat alami. Dari sektor minuman, khusus di beberapa daerah telah banyak mengandung timbal, merkuri, zat besi, dan masih banyak zat lainnya. Namun yang mengkwatirkan adalah minuman 500an dan 1000an yang dikonsumsi oleh anak-anak kita di manapun. Hal ini dikarenakan lemahnya sistem pengawasan Makanan dan minuman. Dan yang paling membahayakan adalah makanan dan minuman yang haram dan bersumberkan penghasilan yang melanggar kaidah Alquran dan sunnah. hal ini mengkibatkan anak tidak cerdas secara spiritual dan agama.
KEAJABIBAN IBADAH
Allah sebagai Rabb bagi semesta dan juga makhluk hidup telah mempersiapkan metode dan sistem. Allah utus para rasul dan juga kitab suci untuk manusia. Manusia mampu menyelesaikan persoalan kehidupan dengan pedoman yang telah dipersiapkan dengan sempurna. Dalam Islam yang kaffah memiliki sesuatu rangkaian ibadah yang menjadikannya umat muslim adalah umat yang brilian dan cerdas. Beberapa kegiatan ini amat berguna bagi kecerdasan anak dan aspek-aspek yang mempengrahui kecerdasan anak. Mulai dari penstabilan aspek emsional, gerakan yang menguatkan, daya dorong motivasi dan juga imajinasi. Dalam hal ini penulis akan mengupas beberapa rangkaian ibdah harian yang membuat generasi muslim itu adalah jenius dan brialian Insya Allah.
KEAJAIBAN WUDHU
Gerakan wudhu.
wudhu’ adalah kegiatan pembersihan organ tubuh. wudhu merupakan sarat sah sholat. wudhu mempunyai rangkaian gerakan berupa. Membasuh kedua tangan hal ini berguna membersihkan dari kotaran dan najis. Berkumur-kumur sebagai bagian pembersihan mulut dan memasukkan air kedalam hidung. Kemudian membasuh wajah 3 kali yang sempurna. Membasuh kedua tangan sampai  2 siku, mengusap kepala dan membasuh telinga kemudian membasuh telapak kaki. wudhu’ dimulai dengan niat dan diakhiri dengan do’a.
Wudhu dan stabilitas emosional
Air adalah terapi paling ampuh. Hampir kita hidup tidak bisa hidup tanpa air. Gerakan wudhu dan membilas wajah, tangan dan anggota lainya, memberikan rangsangan pada ujung-ujung saraf dari sistem saraf kita untuk melakukan relaksasi. Mereka yang konsisten menjaga wudhu’ mempunyai gejolak emosional yang rendah dan kecendrungan stabil. Akan berbeda dengan mereka yang tidak pernah tersentuh air wudhu. Wajah akan memancarkan kesangaran, ketakutan, tidak sedap dipandang. Wudhu merupakan terapi paling efektif dan efisien bagi anak. Memperkenalkan manfaat wudhu dan menjaga wudhu mereka adalah hal paling baik untuk menghindari anak-anak dari stress dan juga gejolak emosi yang tidak stabil
Pijatan pada organ wudhu
Aktivitas berwujud memberikan pijatan relaksasi kepada ujung-ujung saraf. Dalam ilmu refleksi dan akupuntur kita belajar bagaimana melakukan pijatan-pijatan pada wilayah wajah, tangan, telinga, telapak kaki. Dalam berwuduk maka kita malakukan pijatan yang lembut pada seluruh bagian dari anggota wudhu’. Pengulangan dalam wudu’ sebanyak tiga kali adalah sebuah penguatan dalam pemijatan ujung-ujung saraf. Berwudu’ yang baik adalah hal yang baik kita ajarkan kepada anak-anak. Karna sering anak-anak berwudu’ sekenanya. Wudhu’ yang baik dan benar mengaktifkan system energy positif dan memberikan sebauh rangsangan kepada otak kiri dan kanan.



Aktivitas Kecerdasan & Pembelajaran
Berwudu’ berimplikasi terhadap suasana emosional dan hati. Pada keadaan rilek dan tenang, proses pembelajaran akan efektif dan efisien. Mengajarkan bagaimana manfaat berwudu’ dan pengaruhnya kepada anak sambil mempraktekkan adalah sebuah pembelajaran penting. Sisi pembelajaran terpenting bagi anak adalah mengajarkan pola hidup bersih, teratur.
KEAJAIBAN GERAKAN SOLAT
Gerakan solat
Dimulai dengan gerakan takbiratul ihram, berdiri tegak lurus, ruku’ yang sempurna, sujud, duduk diantara dua sujud, tahiyat akhir dan kemudian salam. Inilah sebagaian kecil dari gerakan solat baik solat 5 waktu yang wajib dengan 17 rakaat, maupun solat sunnat lainnya.
Ruku’ & Sujud
Aktivitas tertentu yang menjadi perhatian dalam gerakan solat adalah ruku’ dan sujud. Ruku yang baik adala ruku dengan keadaan tulang punggung lurus, kepala lurus dan menghadap ke arah tempat sujud. Sedangkan tangan berada di lutut dengan rilek menempel di lutut secara lurus. Kaki diarahkan lurus tegak untuk mendapatkan pereganga 2 urat besar penopang tubuh. Danrukuk yang baik adalah kening dan hidung menempel di tempat sujud dengan telapak tangan sempurna bertelekan dan jari kaki ditekuk kedepan, posisi badan agak condong kedepan
Aktivitas Kecerdasan & Pembelajaran
Dalam aktivitas solat terjadi pengulangan-pengulangan bacaan. Hal ini mengajarkan bagaimana suatu hafalan dikuatkan. Solat sebagai sebuah media ajaib menciptakan keseimbangan dan juga membuat gerakan senam yang menunjang perkembangan otak. Solat memberikan nutrisi bagi perkembangan otak. Aktivitas ini ditopang dengan gerakan ruku’ dan sujud.
Aktivitas Kesehatan
Sholat mengaktifkan semua pergerakan system dalam tubuh, system sikulasi darah yag seimbang bagi organ tubuh diatas jantung. Solat memberikan keseimbangan gerakan tubuh. Solata bagi anak-anak adalah sebuah perbaikan ritme aktivitas tubuh.
KEAJAIBAN ALQURAN
Kata-kata yang menakjubkan
Ayat-ayat alquran adalah mu’jizat. Abu Darda mengibaratkan seperti berlian yang memancarkan pancaran cahaya yang melebihi 70 cahaya. Alquran adalah bacaan yang kita tidak pernah bosan untuk terus mengulanginya.
Sebuah Pemicu pengetahuan
Alquran adalah sumber inspirasi pengetahuan. Terdapat banyak ayat-ayat yang memotivasi untuk melakukan penyelidikan dan juga pembuktian ilmiah. Penyelidikan yang sedang dilakukan di Jerman dengan membuktikan bahwa daun itu adalah sumber energy. Para ilmuan mencoba meniru proses fotosintetis dari daun untuk menjadikannya sumber energy.
Kemanakah dan Bagaimanakah keluarga kita
Allah swt menjadikan manusia sebagai khalifah dengan seperangkat aqal yang terletak di otak yang mempesona. Rasul sebagai seorang teladan telah mewajibkan bagi kita untuk memukul anak pada umur sepuluh tahun jika tidak mau melaksanakan solat.
Menjadikan anak soleh jenius adalah persoalan mudah dan rumit. Sisi mudahnya adalah kita telah dibekali instrument-instrument dalam islam bagaimana menjadi keluarga muslim, keluarga yang terbaik,karna kita bagian ummat yang terbaik (Q.S Ali imran 110).
Atau kita mengikuti seluruh hasil penelitian & pendapat dan juga prasangka-prasangka para ahli yang tidak bertopang kepada Alquran dan sunnah.
Ada sebuah kerinduan yang hari ini ummat islam dambakan dari keluarga-keluarga yang mampu melahirkan ilmuan islam seperti Ibnu sina, Al farabi, Imam syafei, maliki, hambali, ibnu taymiyyah, imam alghazali, dan ilmuan islam lainnya.
Kebiasaan keluarga Soleh jenius
Pertama, Solat berjamaah antara Ayah, Ibu dan anak. Mengajarkan sebuah kebersamaan dan juga kerukunan dalam keluarga.
Kedua, Tahsinul quran. Lebih sering terdengar bacaan suci dari aktivitas membaca alquran bersama di rumah dari pada lagu-lagu yang tidak membuat hati lebih tunduk dan merangsang pertumbuhan dan perkembangan jiwa anak.
Ketiga, Membiasakan makan berjamaah. Dan rezki yang dimakan berasal dari pencarian halalan tayyibah dan jauh dari yang bersumber haram atau dengan menggunakan system dan cara yang diharamkan oleh Islam. Hal ini mempengaruhi bagaimana membuat anak menjadi anak yang soleh dan solehah.
Keempat, Mari kita jadi teladan bagi anak kita sendiri dengan menjadi guru kehidupan. Anak seperti orang tuanya.
Pasar minggu, 25 November 2009
Muhammad Yunus  

Tidak ada komentar: