Rabu, Maret 31, 2010

Surat Keterangan Mustahik


Ketika keluarga ada yang mengalami kecelakaan dan mesti di rawat di rumah sakit, maka untuk meringankan bebannya adalah dengan mengurus Surat Keterangan Miskin yang dikelurkan oleh kelurahan.
Alur pengeluaran Surat Keterangan Miskin yang selanjutnya disingkat dengan SKM adalah. Bersilaturrahmi dengan Ketua Rukan Tetangga (RT) dengan menceritakan kondisi dan kejadian yang menimpa. Syarat pertama menemui Bapak RT adalah sebelumnya telah melapor tinggal di sana atau memiliki KTP. Kemudian Bapak RT akan mengeluarkan sebuah surat pengantar ke Bapak/Ibu RW untuk mendapatkan legalitas stempel basah.
Pada surat pengantar tersebut dilampirkan biaya-biaya yang dibutuhkan yang telah dikeluarkan oleh rumah sakit atau surat keterangan di rawat. Maka pada pengurusan ini tidak jarang ada sebuah budaya memberikan ucapan terima kasih berbentuk uang ketika setelah selesai.
Ketika telah selesai mendapatkan surat pengantar SKM, maka langkah selanjutnya adalah mendatangi kelurahan. Kelurahan yang paling berwenang dan diakui sebagai pengeluar Surat Keterangan Miskin. Dengan surat ini maka urusan yang lain seperti ke Puskesmas, Lembaga-lembaga kemanusian, Amil Zakat dan sebagainya urusan akan menjadi mudah.
Namun akan berbeda dengan mereka yang tidak mempunyai KTP, tidak terdaftar sebagai warga, walau hidup dan menyakini sebagai bangsa Indonesia di sebabkan keterbatasan kemampuan, kemauan dan juga karakter pribadi. Fakta ini tidak satu dua dan hampir menjadi sebuah bentuk budaya masyarakat. Membutuhkan sebuah education yang terintegrasi satu sama lain untuk menjelaskan menjadikan sebuah budaya baru bagi masyarakat.
Sering akan terjadi proses salah menyalahkan, tunggu menunggu dan berhujung pada pengrusakan sistemik terhadap kualitas masyarakat. Masyarakat pada lapisan secara social berada paling bawah dari struktur social tetap menjadi masyarakat yang tidak mengetahui hal ini.
New Approach
Sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan seseorang agama adalah sebuah identitas. Sebagai seorang muslim Islam adalah sebuah system dan metode yang syumul (sempurna) untuk memproteksi ummatnya.
Kemiskinan adalah terjadinya ketidakseimbangan dalam distribusi ekonomi dan juga keterbatasan akses terhadap sumberdaya seseorang yang menjadikan seseorang muzakki. Dalam berbagai ayat dalam alquran setelah solat di saran untuk mengeluarkan infak (Q.S Albaqarah: 2).
Kemudian apa hubungan antara SKM dengan status sebagai ummat? Dalam hal ini bahwa seseorang yang telah mengakusi islam sebagai system nilai, system ekonomi, politik, hukum maka ia menjadi warga utama Mesjid dan mushalla sebagai sebuah identitas kedirian.
Shalat mempunyai dimensi yang berbeda menentukan seseorang itu benar beragama islam. Melaksanakan solat minimal bersama yakni solat jum’at. Inilah salah satu alur mengeluarkan Surat Keterangan Mustahik.
Surat Keterangan Mustahik di keluarkan oleh Mesjid atau Mushalla yang berada dekat dengan kediaman hal ini mengikuti sebuah metode dan kelengkapan:
1.       Ia secara Administrasi adalah terdaftar atau mempunyai database jamaah dengan syarat tertentu. Contoh mengikuti pengajian sekian kali, ikut solat berjamaah minimal sekali sehari di salah satu waktu di lima solat wajib
2.       Kemudian ia di kenal oleh pengurus mesjid atau Dewan Kemakmuran Mesjid dan termasuk jamaah aktif.
3.       Kondisi realitasnya di ketahui dan telah di lakukan oleh kekuatan jamaah lewat media Mesjid dan Mushall
Surat ini akan memberikan sebuah perubahan radikal terhadap pengaplikasian dan pemuliaan seorang Muslim dan institusi yang merupakan rumah Allah tempat kita sujud dan ruku’. Hal ini insya Allah akan memberikan dampak nyata:
Pertama. Sebagai pembuktian keimanan bagi pemeluk Islam (Q.S Attaubah: 19)
Kedua. Meningkatkan aktivitas mesjid sebagai bentuk pembinaan ummat
Ketiga. Menjadikan mesjid sebagai institusi yang mempunyai wibawa.
Keempat. Memaksimalkan fungsi mesjid sebagai pusat kehidupan dan aplikasi dari aspek hukum, ekonomi, social, dan budaya.
Bagaimana menurut Anda? Menjadikan mesjid menjadi pengeluar Surat Keterangan Mustahik?
Catatan dari sebuah ‘Sai Perjalanan Mencari Modal Usaha Halal’ dan bagian dari catatan Beyond Masjid dari program Baitul Muslimin MUZAKKI.
Disponsori oleh
MADINATUL ‘ILMI
Butik Al-Qur’an, Hadist dan Buku Berkualitas

Rumah Sehat & Apotik Herba SYIFAAU MUMTAZ
Totality Care for Our Health

Tidak ada komentar: