Kamis, Oktober 14, 2010

Sebuah Rahasia Menulis

Seringkali banyak diantara kita yang mengatakan bahwa menulis itu teramat sulit. Seakan telah banyak ide yang ada dalam kepala, namun ketika hendak dituliskan hilang tidak berbekas sama sekali. Atau barangkali ketika telah menuliskan beberapa kata atau paragraf seakan tidak di dapatkan titik temu dari tulisan. Kenapa hal ini bisa terjadi? dan bagaimana untuk mengatasinya?

Dari dua pertanyaan tersebut kita akan mengupas rahasia menulis dan menjadikan menulis adalah sebuah kenikmatan yang dapat mendatangkan banyak hal bagi penulis.

Hal pertama yang menjadi kendala bagi penulis adalah, Mental blok atau hambatan mental. Hambatan ini berawal dari sebuah traumatik ketika belajar menulis. Barangkali ketika kita kecil dan sedang senang-senangnya belajar menulis di dinding rumah atau di tembok-tembok tertentu. Maka kita mendapatkan sebuah tekanan dan amarah bahwa mencoret adalah sesuatu yang menakutkan dan membuat orang lain marah.

Kedua, menulis adalah sebuah beban. Ketika sekolah kita dipaksa untuk menuliskan apa yang disampaikan oleh guru. Terkadang ketika tidak menulis maka kita mendapatkan hukuman mesti berdiri di depan kelas atau mendapatkan hukuman menulis yang terkadang tidak bermanfaat. Seperti sebuah kalimat yang diulang sampai 500 kali. Contoh kalimat “Saya Akan Rajin Menulis Pelajaran Sekolah”

Ketiga, Menulis tidak memberikan manfaat yang nyata. Hal ini akumulasi dari beban psikologis dari kejadian dua diatas. Sering telah banyak yang menulis dan masih dalam tahap mengembalikan aspek psikologis tidak berkembang. Kemudian mengalami patah hati dalam hal dunia tulis menulis.

Keempat. Menurut Anda apa yang menyebabkan susah untuk menulis? ............................................
...............................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................
Tuliskanlah alasan Anda untuk mengetahui hambatan yang mejadikan Anda susah untuk menulis.

Bagaimana mengatasi hambatan menulis?

Pertama. Menulislah dalam rangka berbicara dengan diri Anda sendiri. Hal ini memberi bantuan untuk dapat memperbaiki hambatan dan kendala mental yang menghalangi anda menulis. Dengan Anda menuliskan apa yang menjadi kendala berarti Anda telah memulai hal yang positif.

Kedua. Menulis seperti berbicara. Kekuatan menulis dengan berbicara adalah menjadikan tulisan mengalir seperti layaknya kita berbicara. Gunakan kata-kata ringan dan tidak berat untuk memberikan kemudahan untuk memahami apa yang kita bicarakan. Pelatihan ini merupakan lompatan awal yang bagus.

Ketiga. Menggali motivasi menulis. Berbagai macam motivasi orang untuk menulis. Ada yang ingin mendapatkan imbalan materi, seperti royalti, dan uang dari tulisan yang dimuat koran dan majalah. Namun motivasi yang terbaik adalah untuk dapat saling berbagi. Maka ketika mendapatkan imbalan secara materi adalah buah dari motivasi berbagi.

Keempat. Meluangkan waktu untuk menulis. Temukan waktu-waktu terbaik Anda untuk menulis. Hal ini perlu Anda mencoba menulis ketika waktu pagi setelah subuh. Atau menulis ketika malam telah berlalu setengahnya atau barangkali ketika siang hari. Hal ini wajar, kenapa? akan mempengaruhi kata-kata yang keluar.

Keempat. Membaca tulisan. Bacalah bermacam tulisan, hal ini dibutuhkan untuk memperkaya tulisan Anda. Seperti membuat sebuah gulai, dengan berbagai aneka bumbu maka menghasilkan cita rasa yang enak dan tentunya membuat ketagihan. Coba bayangkan ketika kita mesti makan ikan mentah dan tidak di tambah dengan aneka bumbu???

Kemudian bagaimana saya bisa menulis dengan berbagai topik dan tema yang berbeda satu sama lain? Pertanyaan ini muncul dari seorang teman mahasiswa ketika silaturrahmi dengan adik-adik mahasiswa di Kampus Universitas Bung Hatta.

Inilah beberapa rahasia kecil saya menulis, semoga dapat memberi Anda motivasi untuk menulis.

Pertama. Menggunakan peta pikiran atau mind mapping. Sebagai contoh dalam tulisan ini adalah bahwa saya mencoba untuk membuat kata kunci yakni “menulis”. Kemudian mencari hubungan dengan apa yang menghambat orang menulis. Inilah pertanyaan cabang pertama dalam peta pikiran. Kemudian membuat hubungan menulis dengan bagaimana mengatasinya? dan cabang ketika apa rahasia yang dapat di bagi bagi untuk menulis?

Dari tiga hal tersebut maka di kembangkanlah beberapa penjabaran yang mampu menjadi sebuah tulisan yang bermanfaat, semoga.

Kedua. Tulisan saya lahir berasal dari waktu pagi setelah solat subuh. Inilah waktu saya untuk dapat menuangkan berbagai ide dalam tulisan.

Ketiga. Mempajang tulisan Anda untuk dapat dibaca dan ditanggapi oleh orang lain. Tulisan-tulisan saya yang sering Anda baca semuanya di publikasikan di blog saya www.muhamadyunus.blogspot.com, yang berhubungan dengan spirit jiwa saya. Kemudian masalah kesehatan di www.syifaaumumtaz.blogspot.com, dan juga tentang keagamaan saya tulis di www.bmmuzakki.blogspot.com, yang merupakan hasil pikiran tentang pemberdayaan Asnaf delapan, seputar masjid dan kegiatan masjid serta tulisan saya ketika berkunjung ke beberapa masjid.

Keempat. Menuliskan ide awal tulisan di kertas kecil. Kebanyakan ide tulisan muncul dalam keadaan kita tidak berada di depan komputer. Ada yang datang ketika sedang makan, sesudah solat, dalam perjalanan dan ada juga yang datang ketika sendang buang hajat.

Ide awal tulisan tersebut saya tulis di kertas kecil atau menyimpan dalam bentuk pesan di HP.

Anda tertarik untuk mencoba dan menuliskan ide-ide anda yang amat bermanfaat bagi orang lain sekaligus dengan diri Anda sendiri ?? 

Tidak ada komentar: