Sabtu, Oktober 09, 2010

Kebebasan finansial


Kebebasan financial merupakan sebuah era dimana seseorang tidak perlu bekerja untuk mendapatkan gaji agar pengeluarannya terpenuhi, tetapi dengan kekayaan yang dikelola dengan baik. (Manurung;2008)
Dalam terminology the Islamic cash flow quadran kebebaan financial merupakan kondisi kita mampu menjadikan orang terbebas dari jebakan ribawi dan menghantarkan mereka untuk dapat membantu orang lain untuk menjadi muzakki. Kebebasan financial adalah kita tidak membutuhkan turun langsung dalam berbagai bisnis yang ada, namun menerima bagi hasil dari investasi baik berupa revenue sharing, maupun profit sharing yang tidak menggunakan metode dan cara ribawi.
Kapan kebebasan financial di dapat? Dan bagaimana cara mencapainya dengan kecepatan yang tidak membutuhkan waktu yang lama?
Pertama kita mesti memutuskan berangkat dari cara berfikir muzakki dan rich. Dan tidak berangkat dari cara berfikir poor dan mustahik. Kenapa Mereka yang menikmati kebebasan financial berangkat dari cara pandang muzakki yang mampu memberikan asset yang dimilikinya dan tidak mengurangi. Dan muzakki adalah mereka yang rich.
Mereka mempunyai asset berupa real estate, property, paten, royalty dan berbagai pemasukan lainnya yang membuat mereka dengan sukarela untuk membantu orang lain keluar dari cara pandang poor dan mustahik. Mereka dengan senang hati akan berbagi asset intelektual, asset property dengan mewakafkannya untuk kepentingan yang lebih besar.
Kebebasan financial tidak didapat dari cara pandang dan mental poor dan mustahik yang tidak mampu untuk berbagi asset. Cara pandang adalah mereka yang selalu merasa kekurangan dengan asset yang ada. Walau mereka mempunyai berbagai asset namun tidak mampu memberikan kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Mentalitas mustahik adalah mentalias orang peminta-minta, meminta perlindungan, meminta fee, bonus dan juga yang lainnya walau secara materi mereka mempunyai banyak kekuatan financial.
Pertanyaan kemudian kapankah kita bisa mencapai kebebasan financial dengan cara pandang muzakki dan rich? Ada beberapa langkah untuk kita mencapai dari cara pandang sampai kepada tindakan action dari tingkat individu dan keluarga.
Pertama. Kesadaran bahwa apa yang ada di dunia adalah amanah dan bukan hal milik kita. Cara pandang ini memberikan kita untuk melihat segala sesuatu adalah sebuah titipan untuk diolah lebih baik. Cara pandang ini memberikan efek untuk menunaikan amanah. Ketika kelebihan itu adalah sebuah amanah dan kekurangan tersebut tidak menyakitkan dan apalagi ketika kehilangan.
Kedua . Mempunyai langkah-langkah nyata dalam mencapai kebebasan financial dari tahapan yang bisa diperinci melalui tahapan tahun memasuki quadaran the islamic business owner dan Islamic investor dengan cara pandang muzakki dan rich.
Ketiga. Keluarga atau perorangan harus memperkirakan kapan kebebasan financial tersebut akan didapatkan dengan pendekatan optimis, moderat, dan pesimis. Penetapan ini seiring dengan mempunya langkah-langkah nyata. Bila waktu kebebasan financial sudah ditentukan, maka keluarga atau perorangan tersebut menghitung besaran pengeluaran.
Menghitang pengeluaran adalah memastikan setiap pengeluaran merupakan kebutuhan dan juga pengeluaran untuk mendapatkan asset (pahala) selanjutnya dan tidak mendapatkan liabilitas (dosa) yang membuat hidup bangkrut secara spiritual dan juga asset di dalam kehidupan dunia ini.
Setelah menghitang pengeluaran selanjutnya adalah menghitung dari sumber mana pemasukan yang ingin dilakukan pada waktu mulainya sampai pada tahap kebebasan financial.
Keempat. Adalah mekanisme evaluasi. Hal ini dilakukan untuk menilai konsistensi dan komitmen kita dalam mencapai kebebasan financial. Sering terjadi ada penyimpangan dari kebijakan awal. Mekanisme investasi dapat di lakukan menggunakan satuan waktu semesteran atau caturwulan. Makan sering melakukan review pengeluaran dan pemasukan akan memberikan gambaran sisi mana yang akan dilakukan perbaikan dan juga perubahan untuk mencapai target kebebasan finansial
Siapapun kita dan apapun kondisi kita hari ini bahwa  Kebebasan financial dapat di capai dengan masuk pada quadran I-I (Islamic Investor) dengan menjadi invesatasi pada bisnis yang jauh dari praktek riba dan jual beli yang diharamkan dan di kelola oleh I-B (Islamic Business Owner).
Ketika kita telah belajar berinvestasi kemudian langkah selanjutnya adalah membelanjakan cash outflow sebagai sebuah bentuk Asset (pahala) seperti wakaf tunai, amal jariah atau penyewaan lainnya selama masuk dalam kategori membebaskan seseorang dari mustahik dan juga kubangan dosa. Dan berusaha mengurangi Liabilitas (dosa) yang kita belanjakan walau untuk sesuatu kesangan seperti merokok dan juga membuang uang untuk pembelian yang tidak bermanfaat.
Sudah saatnya Anda memutuskan untuk menjadi MUZAKKI & RICH, dan meninggalkan POOR & MUSTAHIK mulai hari ini.
Dapatkan 1 (satu) lembar saham PT. MYANS INSANI SEJAHTERA seharga Rp. 250.000,00 dan anda telah ikut berzakat sebesar 2,5% untuk kegiatan Baitul Muslimin MUZAKKI dan juga 2,5% untuk kegiatan Universitas Kehidupan INACHE.
Hubungi: Muhammad Yunus, S.E  0813 7435 3697
Salam Sang Pemenang Pembelajar
Disponsori oleh:
Madinatul ‘Ilmi
Waralaba Butik Alquran, Hadist dan Buku Jual Beli Cicilan SIFAT

Dapatkan cara mengelola keuangan atau finansial ANDA di sini:

Tidak ada komentar: