Minggu, Agustus 24, 2008

HATI KITA


Hati adalah salah satu organ penting dalam system tubuh manusia. Hati mempunyai banyak fungsi, salah satu fungsi hati melakukan pembakaran lemak dan pembuangan racun yang terdapat dalam tubuh. Kegemukan adalah permasalahan hati. Hati menyimpan lemak dibalik kulit terutama di perut. Kelanjutan bagai mana untuk langsing ya? Jawaban adalah dengan mengembalikan fungsi hati secara maksimal.

Hati sakit akan berhubungan dengan sakit hati. Ayo kenapa. Hati sakit akan mempengaruhi mood atau perasaan kita. Bagi hati yang sakit akan melihat permasalahan dari sudut hati yang sakit hati. Sakit hati siapa yang tidak pernah merasakannya, barangkali ada yang masih disimpan dalam-dalam yang menjadi membusuk. Awas terserang sirosis dendam di hati.

Sirosis hati adalah penyakit yang mengakibatkan terjadinya beberapa penyakit lanjutan berupa hepatitis, kerusakan hati yang parah (republika 4/6). Apabila hati yang sakit dan sakit hati bertambah setiap hari dan menumpuk sekianlama dan tidak pernah untuk di bersihkan sama sekali. Maka dapat di bayangkan bagaimana parahnya .

sebuah analogi yang amat mengena oleh imam ghazali tentang hati. Hati ibarat sebuah cermin dimana setiap dosa laksana debu yang menempel pada cermin. Ketika cermin tidak pernah dibersihkan maka akan menumpuk dan menjadikan cermin tidak bisa digunakan lagi. Hal ini dalam makna hati terhadap dosa dan perbuatan kesalahan yang kita lakukan. Dalam system tubuh kita hati ibarat sebuah karburator atau penyaring udara pada kendaraan. Pada karburator terjadi penyaringan bahan bakar yang akan digunakan oleh mesin untuk melakukan pembakran.

Apabila karburator tidak bersih maka pembakaran tidak sempurna dan mengakibatkan terjadinya gangguan pada perjalanan kita. Barangkali kita akan terlambat ke tempat kerja karna mesti memperbaiki karburator.

Kapan mestinya kita untuk membersihkan hati. Untuk dosa dan kesalahan kepada makhluk dengan mengucapkan istigfar dan hal ini kita ulangi minimal 15 kali sehari sesudah solat lima waktu. Persoalan lebih lanjut adalah organ hati. Pembersihan organ hati dilakukan melalui beberapa cara yang harus sinergis dan berkesinambungan:
1. Memberikan makanan yang kaya vitamin dan mineral. Hal ini dengan menerapkan food combining. Dimana memenuhi empat empat sehat lima sempurna.
2. Menjauhi makanan junk food dan fast food. Karna terdapat banyak perasa sintetis.
3. Melakukan olah raga rutin. Ini membantu pembuangan toksid dari darah yang masuk pada system penyaringan hati.
4. Melakukan detoksifikasi hati. Hal ini perlu melakukan pembersihkan hati. Sebaiknya dilakukan dua kali setahun.

Untuk melakukan detoksifikasi hati Teh Asiacita atau Sauda tea yang berasal dari tumbukan pegaga. Ketika pembersihan organ hati, jangan pernah untuk melupakan selalu membersihka hati kita dari sifat iri, dengki, ria dan juga takabbur. Mari sayangi hati kita untuk kesehatan spiritual dan juga badaniah.
wassalam

Tidak ada komentar: